Delicious

Bandung Heritage

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow

ShareThis

Batu Bertulis Sunda Kuno Hebohkan Warga Tamansari PDF Print E-mail
Written by administrator   
Wednesday, 06 October 2010 18:12

Batu Bertulis Sunda Kuno Hebohkan Warga Tamansari
Oris Riswan Budiana - detikBandung

Bandung - Warga Kampung Cimaung RT 7 RW 7 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan dihebohkan dengan adanya penemuan prasasti bertuliskan huruf sunda kuno.

Temuan prasasti tersebut berada di sebelah rumah Oong Rusmana (62), yang lokasinya persis di samping kamar Oong. Batu tersebut terletak di gang dan sebagian tertutup oleh semen.

Menurut salah satu petugas dari Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisioanal Bandung, Nandang Rusnandar, ia dan anak Oong, Budi Supiana (32) menemukan batu tersebut pada tahun 2006.

"Awalnya tahun 2006 saya ngobrol dengan Budi, ternyata di sini ada batu peninggalan sejarah," ujarnya kepada wartawan saat ditemui di lokasi penemuan, Selasa (5/10/2010).

Nandang kemudian membawa contoh foto batu tersebut untuk diberikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa barat. "Tapi belum ada tanggapan," katanya.

Namun Sabtu (2/10/2010) kemarin, ia bertemu dengan Lutfi dari Balai Arkeologi Bandung. "Kita ngobrol dan ternyata Pa Lutfi sangat tertarik, makanya hari ini beliau juga datang ke sini untuk memastikan benda bersejarah tersebut," terangnya.

Setelah diteliti, isi tulisan kuno tersebut adalah 'Unggal jagat jalma hdhap' yang artinya, semua manusia dimuka bumi akan mengalami sesuatu.

"Ini semacam warning agar warga waspada terhadap apa yang dilakukannya. Jadi makna tulisan di batu tersebut sangat dalam," katanya.

(avi/ern)
 
 
Templates by Joomla2u.